Kamis, 26 September 2013

Anas Urbaningrum: Bang Ruhut Lebih Tepat Sebagai Jaksa Agung

Tuips, banyak yg bertanya tentang pernyataan saya di ILC, Selasa malam. #kursi

Saya ditanya Bang Karni Ilyas, andai Anda masih Ketum, apakah Ruhut akan dijadikan Ketua Komisi 3? #kursi

Jawaban saya : Bang Ruhut lebih tepat sebagai Jaksa Agung. #kursi

Rupanya di twitter, Bang Yusril juga menulis : gmn kalo Ruhut ditolak jadi Ketua Kom 3 diangkat jadi Jaksa Agung saja. #kursi

Sambung Bang Yusril : "biar tambah rame ini Republik". #kursi

Saya baca Koran RM hari ini, Bang Bamsoet jg bilang : sekelas Ruhut ini levelnya bukan pimpinan Komisi 3, tapi Jaksa Agung. #kursi

Tentu saya punya alasan kenapa Bang Ruhut lbh baik dijadikan Jaksa Agung. #kursi

Pertama, Bang Ruhut sering menegaskan pengalamannya sbg lawyer yg 30 tahun. Panjang! #kursi

Kedua, mengangkat Jaksa Agung itu kewenangan penuh Presiden. Tdk bisa dicampuri lembaga lain. #kursi

Ketiga, krn kewenangan penuh Presiden, kalau Bang Ruhut diangkat jadi Jaksa Agung, Komisi 3 tidak perlu repot2 bikin rapat. #kursi

Jadi, tidak perlu Pleno Komisi 3 untuk membahas persetujuan kpd Bang Ruhut. Tidak ada diskusi menolak atau menerima di Komisi 3. #kursi

Ketua Komisi 3 cukup sekelas Benny Harman atau Pasek Suardika yg pengalamannya belum sepanjang Bang Ruhut. #kursi

Terbukti Benny Harman tidak ditolak. Terbukti juga ketika Benny digantikan Pasek, prosesnya mulus saja. #kursi

Sangat mungkin karena warga Komisi 3 merasa levelnya setara dengan Benny dan Pasek. Setara itulah yg bikin "cocok baterai". #kursi

Kapan Bang Ruhut dijadikan Jaksa Agung? Ya itu terserah Presiden. Wong otoritas Presiden. #kursi

Tidak harus sekarang. Jaksa Agung skrg masih OK dan dipercaya Presiden bisa jalankan tugas. #kursi

Jadi, kalau Jaksa Agung solusinya, maka FPD bisa ajukan calon Ketua yg lain. Bisa tetap Pasek (kalau dia msh mau), bisa yg lain. #kursi

Insyaallah kalau FPD ajukan nama lain, tdk tersedia alasan yg cukup untuk melanjutkan "drama" di Komisi 3. #kursi

Drama di Komisi 3 ini tidak sederhana. Jelas menyangkut citra, sesuatu yg sangat bernilai di mata Pak SBY. #kursi

Saya juga menduga terkait dgn "suasana hati" Ketua FPD, Ibu Nurhayati. #kursi

Ibu Nurhayati pasti kurang happy pernah dibilang sbg Mak Lampir oleh Bang Ruhut, meskipun orangnya kuat dan sabar. #kursi

Boleh jadi hati kecil Ibu Nurhayati lebih setuju Bang Ruhut tdk jadi Ketua Komisi 3 dan lbh setuju dapat tugas lain. #kursi

Siapa tahu Ibu Nurhayati setuju dengan pernyataan saya ttg posisi yg pas buat Bang Ruhut : Jaksa Agung! #kursi

Bang Ruhut bilang : "kalau saya tdk diajukan lagi mjd Ketua Komisi 3 DPR, mungkin Pak SBY memberi jabatan lain yg lbh tinggi". #kursi

Itu hanya sebagian pernyataan Bang Ruhut di Koran RM hari ini. Silahkan baca. Pasti Anda tertarik! #kursi

Jadi, Bang Ruhut pun tidak ngotot jadi Ketua Komisi 3. Wong hanya penugasan kok. Begitu penegasan Bang Ruhut. #kursi

Artinya, mjd Ketua Komisi 3 itu bukan harga mati buat Bang Ruhut. Kader pasti siap ditugaskan di mana saja. #kursi

Saya berani menduga, sesuai pernyataannya itu, Bang Ruhut tdk akan menolak jika diberi tugas sbg Jaksa Agung. #kursi

Pernyataan saya ini hanya usulan ringan saja. Dipakai silahkan, diabaikan ya monggo. #kursi

Kalau target menjadikan Bang Ruhut Ketua Komisi 3 untuk merebut ruang pemberitaan, skrg itu sdh sukses. Beritanya meriah. #kursi

Kalau targetnya mendongkrak citra partai, agaknya sukar tercapai. Minimal untuk pekan2 ini. #kursi

Ada waktu bbrp hari bagi Pimpinan Demokrat untuk memikirkannya. Belum terlambat. #kursi

Bisa jg Bang Ruhut ambil inisiatif : "Pak saya jgn jadi Ketua Komisi 3. Posisi lain saja yg lbh tinggi, sesuai jam terbang saya". #kursi

Siapa tahu itu bisa jadi terobosan menuju solusi. Mari kita renungkan. Wallahu a'lam. #kursi