Sabtu, 28 September 2013

Risman A Rachman: PKA Sebagai Pertanda Renaisance atau Perangkap Narsisme Politik?

Benarkah awalnya PKA sbg pertanda 'renaisance' kebudayaan Aceh sbgmana dikatakan SBY di acara pembukaan? #SisiLain

Jk benar sbg 'renaisance' mengapa tdk ada "ijtihad kebudayaan" u menghadapi masa depan Aceh hingga ke PKA VI? #SisiLain

Jgn2 PKA adlh strategi kebudayaan u 'menjebak' Aceh dlm 'perangkap' narsisme politik. #SisiLain

Ketika Aceh keasyikan dgn 'cermin' kebudayaan ada agenda lain yg sdg dijalankan. #SisiLain

PKA_I thn 1958 dibuat paska damai Indo - DI/TII 1957. Tp Daud Beureueh (DB) msh digunung. Paska PKA_I, 1962 DB baru turun gunung #SisiLain

Dari PKA_I juga lahir Kopelma, dgn Unsyiah dan IAIN. Dipilih nama Syiah Kuala dan Ar-Raniry krn keduanya ulama moderat. #SisiLain

PKA_I berhasil menjinakkan DB. Tapi, scr politik potensi konflik baru tumbuh. Hasan Tiro, sejak 1954 sd 1965 melancarkan kritik #SisiLain

Melalui surat HT mengkritik Indo atas tindakannya di Aceh, melalui buku mengkritik demokrasi Indo, dan melalui brosur mengadvokasi #SisiLain

PKA_II digelar usai DB dibawa keliling eropa, 1971. DB dilihat msh menjalin hubungan dgn HT. HT pun mulai "kerasukan" sejarah. #SisiLain

Bs jd u meredam atau mengimbangi HT, PKA II digelar 1972. Dari PKA inilah lahir usulan mengumpulkan sejarah Aceh melalui PDA/PDIA #SisiLain

Bs jd PKA_II digelar 14 tahun kemudian (1972) u mengulang sukses PKA_I dlm menjinakkan gairah perlawanan Aceh #SisiLain

PKA_III digelar 16 th kemudian (1988). Satu tahun usai DB wafat. Sblmnya DB diasingkan ke Jkt, 1978. #SisiLain

Satu Tahun kemudian 1989 digelar operasi militer krn HT dgn gerakannya makin trs beraksi." #SisiLain

Pd saat HT tumbuh spirit perlawanan di Aceh Utara Gas Alam dilakukan ekplorasi dan ekploitasi (60-70an). #SisiLain

Politik itu spt rumah tanpa pintu saja. Org luar menyambut yg keluar dgn hormat. Org dlm melepasnya dgn lega.