Rabu, 18 September 2013

Kemenperin: Produsen Ban Korea Selatan Investasi di Indonesia

1. Indonesia kedatangan investor baru dari Korea Selatan. Hankook Tire, produsen ban menginvestasikan dana senilai USD 350 juta di Cikarang

2. Uang itu diinvestasikan utk membangun pabrik ban berkapasitas 4,3 juta ban per tahun dengan mengusung bendera PT Hankook Tire Indonesia.

3. Hankook Tire merupakan produsen ban terbesar di Korea Selatan

4. Hankook Tire memulai kemitraan & perkembangan mutual dg Indonesia melalui penyambutan investasi (welcoming ceremony) pd 20 Januari 2011.

5. Bila dikaitkan dg pertumb industri kendaraan bermotor nasional yaitu rata-rata mencapai 8% setiap tahunnya, pertum indst ban di atasnya.

6. Dengan demikian, pengembangan industri ban nasional menjadi kian prospektif. Dan menjadi andalan dalam pengembangan industri brg2 karet.

7. Ban sebagai salah satu produk hilir industri karet merupakan bagian dari kelompok industri yang diprioritaskan pengembangannya.

8. Saat ini sebanyak 13 produsen ban nasional telah mampu memproduksi berbagai tipe dan ukuran ban utk mbl penumpang, truk, bus & kend berat

9. Kemampuan produksi untuk tipe-tipe ban itu mencapai lebih dari 75 juta ban, untuk ban sepeda motor kapasitasnya mencapai 55 juta ban.

10.Sekitar 70% hasil produksi diekspor keberbagai Negara seperti USA, Jepang, Asia, Australia dan Eropa.

11.Nilai ekspor terus meningkat, hingga mencapai lebih dari US$ 1,5 milyar pd tahun 2012 diharapkan kinerja ekspornya akan terus meningkat.

12. Menperin berharap PT Hankook Tire Indonesia dapat terus mengembangkan produk-produk ban yang mempunyai nilai tambah tinggi,

13.berbahan baku atau penolong dari dalam negeri termasuk penyerapan tenaga kerja Indonesia serta tetap menjaga kelestarian lingkungan.

14. Semoga bermanfaat, terima kasih